Makalah DDST

Minggu, 22 Januari 2012


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.   Latar belakang
Aspek – aspek perkembangan dan tahapan perkembangan normal sesuai usia pada anak perlu diketahui dan dipahami karena sangat penting untuk mengetahui tumbuh kembang anak berjalan normal atau tidak, baik dilihat dari segi fisiologis maupun dari segi psikologis. Pertumbuhan anak akan dipengaruhi oleh banyak faktor baik dari dalam diri anak itu sendiri maupun dari luar , apabila hal ini mengalami masalah maka akan berpengaruh pada pertumbuhan anak.
Perkembangan anak akan berjalan dengan baik, apabila faktor yang mempengaruhinya tidak mengalami gangguan. Anak akan mulai menampakkan perkembanganya (skill) sesuai dengan tahapa usianya, dan itu akan terus bertambah sampai dewasa. Untuk mengetahui perkembangan anak harus tahu aspek apa saja dalam perkembangan dan tahapan perkembangan sesuai usia anak, dan itu diperlukan parameter – parameter tertentu, dan semua itu akan dibahas dalam makalah ini.
Tujuan umum dari pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui aspek aspek perkembangan dan tahapan perkembangan apa saja yang harus dialami oleh anak sesuai dengan usianya, mulai dari kemampuan fungsi tubuh, kemampuan berbahasa, dan kemampuan dalam bersosialisasi. Dengan demikian kita mampu mengetahui kemampuan apa saja yang harus mampu dilakukan oleh anak dengan usianya, dan kegiatan / permainan apa saja yang cocok diberikan, sehingga tidak akan menimbulkan kekeliruan dalam asuhan.
Apabila seorang anak mengalami ketidak maksimalan dalam perkembangannya dapat ditarik kesimpulan bahwa orang tua kurang memahami tentang aspek dan tahapan perkembagan dari anak itu sendiri. Karena setiap anak pasti memiliki kemampuan yang sudah ada dalam dirinya masing – masing, tinggal bagaimana memberikan stimulusnya.

1.2.   Rumusan masalah
Adapun rumusan masalah adalah sebagai berikut .
1.2.1.      Apa yang dimaksud dengan perkembangan ?
1.2.2.      Apa saja aspek – aspek perkembangan pada anak?
1.2.2.1.            Apa yang dimaksud dengan gerak kasar atau motorik kasar?
1.2.2.2.            Apa yang dimaksud dengan gerak halus atau motorik halus ?
1.2.2.3.            Apa yang dimaksud dengan kemampuan bicara dan bahasa?
1.2.2.4.            Apa yang dimaksud dengan sosialisasi dan kemandirian?
1.2.3.      Apa saja tahap perkembangan normal sesuai dengan usia?
1.3.   Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut.
1.3.1.      Tujuan umum
Setelah mengikuti presentasi diharapakan mahasiswa mampu memahami apa saja perkembangan (skill) yang seharusnya dimiliki oleh anak sesuai usianya.
1.3.2.      Tujuan khusus
Setelah mengikuti presentasi mahasiswa diharapakan memahami tentang:
1.      Aspek perkembangan pada anak
2.      Gerak kasar atau motorik kasar
3.      Gerak halus atau motorik halus
4.      Kemampuan bicara dan bahasa
5.      Sosialisasi dan kemandirian
6.      Tahap perkembangan normal sesuai usia
1.4.   Manfaat
1.4.1.      Mahasiswa mampu memahami apa saja aspek dalam pertumbuhan pada anak
1.4.2.      Mahasiswa mampu mengerti dan memahami tentang gerak kasar atau motorik kasar, dan pembagian usia mulai munculnya motorik kasar
1.4.3.      Mahasiswa mampu memahami gerak halus atau motorik halus
1.4.4.      Mahasiswa memahami di usia berapa anak mampu untuk berbicara dan seberapa besar kemampuan berbicaranya
1.4.5.      Mahasiswa mampu memahami sosialisasi dan kemandirian pada anak
1.4.6.      Mahasiswa mengetahui tahapan perkembangan normal anak sesuai dengan usianya

Materi selengkapnya Klik Disini

Artikel yang berkaitan



  1. Materi yang sangat bermanfaat..
    Di tunggu postingan selanjutnya

     

Posting Komentar